Home » » MERUBAH TAKDIR BURUK MENJDI TAKDIR BAIK

MERUBAH TAKDIR BURUK MENJDI TAKDIR BAIK

Written By Herdonk on Sabtu, 01 April 2017 | 08.01

Sudah menjadi kodratnya, kita  selalu ingin meraih kebaikan atau keberuntungan dalam didalam kehidupan ini, namun tidak setiap yang kita anggap baik adalah hal yang terbaik buat kita, dan apa yang kita anggap baik  justru akan menjadi keburukan buat kita maupun orang lain, untuk itu ALLAH SWT lebih tahu apa yang terbaik buat kita. Dikutip dari beberapa sumber, beberapa ikhtiar yang perlu dilakukan untuk merubah takdir buruk menjadi takdir baik, diantaranya :
1.      Jangan menunda untuk berbuat kebaikan, dalam sebuah Hadist Ibnu Umar ra. berkata, suatu saat Rasulullah SAW memegang pundakku sembari berkata, “Jadilah engkau di dunia ini seakan-akan orang asing atau penyeberang jalan”. Selanjutnya Ibnu Umar ra. berkata, “Jika engkau diwaktu sore janganlah menunggu hingga pagi, jika engkau di waktu pagi janganlah menunggu hingga sore, pergunakanlah waktu sehatmu sebelum engkau sakit dan pergunakanlah waktu hidupmu sebelum engkau mati. (Diriwayatkan oleh Imam Bukhari).  Diantara makna  bahwa hadist diatas antara lain, manfaatkanlah waktu untuk selalu melakukan kebaikan, jangan di ditunda,  dengan alasan menunggu waktu yang tepat dan kesempatan datang, terkecuali jika akan melakukan perbuatan yang buruk, pertimbangkan dan tundalah, sehingga perbuatan tersebut tidak jadi dlaksanakan.
2.      Selalu berbaik sangka (Husnudzon) atau berpikiran positif terhadap sesuatu yang menimpa dirinya Rasulullah bersabda: Sungguh menakjubkan sikap seorang mukmin segala yang menimpanya dianggap baik, apabila menadapatkan kesenangan ia bersyukur dan itu sangat baik bagi dirinya. Dan apabila ditimpa penderitaan ia bersabar maka itupun akan baik bagi dirinya. (H.R Imam Muslim) Hadis diatas menggambarkan bahwa seorang muslim ditimpa apapun itu baik bagi dirinya. Jadi ketika kita mendapatkan berita buruk, maka sesungguhnya kita sedang mengumpulkan energy untuk mengubah takdir buruk menjadi takdir baik. Yang dimaksud disini, bukan keadaannya yang berubah, akan tetapi kita memiliki energy untuk bisa menyelesaikan/memandang persoalan itu menjadi baik.
3.      Sering member tanpa / tidak perlu berharap balasan Pada dasarnya di dalam kehidupan itu, ketika kita memberikan kebaikan kepada si A belum tentu kita mendapatkan kebaikan lagi dari si A. Ibu/Bapak lakukan apa yang terbaik, dan tidak perlu menunggu kebaikan dari apa yang telah kita lakukan kepada orang yang telah kita tolong dan tunggu keajaiban yang akan datang. Kebaikan akan datang ditempat yang tak pernah kita duga.
perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha mengetahui. (Q.S Al Baqarah: 261)

4.      Selalu optimis menghadapi segala keterpurukan. Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (mereka berdoa): "Ya Tuhan Kami, janganlah Engkau hukum Kami jika Kami lupa atau Kami tersalah. Ya Tuhan Kami, janganlah Engkau bebankan kepada Kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan Kami, janganlah Engkau pikulkan kepada Kami apa yang tak sanggup Kami memikulnya. beri ma'aflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah penolong Kami, Maka tolonglah Kami terhadap kaum yang kafir." (Q.S Al Baqarah: 286)

5.       Berdo’alah ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ    Berdoalah (mintalah) kepadaku, niscaya aku kabulkan untukmu”. (QS. Al-Mukmin :60) Rasulullah bersabda: tidak ada yang dapat menolak takdir kecuali do’a. dan tidak ada yang dapat menambah umur kecuali amal kebajikan. H.R Tirmidzi dan Hakim 
Share this article :

freebitcoins

Follow by Email

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Adipatria - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger